Teknologi Pembelajaran dan Media Belajar

BAB I Teknologi, Media dan Pembelajaran

 

 Pembelajaran

Perspektif Psikologis pada Pembelajaran: Behaviorist Perspektif, Cognitivist Perspektif, Constructivist Perspektif

Dan Social-Psychological Perspektif

Pendekati untuk Pembelajaran: Temuan suatu Landasan Pertengahan, Suatu Perspektif Filosofis pada   pembelajaran

Media

Concrete- Rangkaian Abstract: Peran dan Teknologi Media di dalam Pembelajaran, Pembelajaran Instructor-Directed,  Pembelajaran Learner-Directed, Portopolio, Instruksi Thematic, Pendidikan Jarak Jauh

Metoda

Siswa- Metoda Yang diarahkan: Diskusi, Pembelajaran Kooperatif, Permainan, Simulasi, Penemuan, Pemecahkan masalah

Guru- Metoda Yang diarahkan: Presentasi, Demonstrasi,  Drill-And-Practice, Pengajaran tambahan

Intervi dan Teknologi Media untuk Belajar: Teknologi Media

Pelajaran Dasar

1. Teknologi, Media, dan Pembelajaran

2. Intervi Sistem

3. Meyakinkan Model: Menciptakan Pengalaman Pembelajaran

4. Prinsip Visuil

Lingkungan Digital

5. Komputer

6. Multimedia Berbasis-Komputer

7. Jarak  Belajar

8. Pelajaran Elektronik

Media Tradisional

9. Intervi Material dan Pajangan

10. Visual

11. Audio

12.Video

Kecenderungan didalam teknologi dan media

13. Melihat ke depan

Intervi Corak Didukung oleh semua Perspektif: Keikutsertaan Aktip, Praktek,  Perbedaan Individu,  Umpan balik, Konteks Realistis, Interaksi Sosial

BAB II Intervi Sistem

 

Intervi Sistem

Komponen dari suatu Intervi Sistem: Karakteristik dari suatu Intervi Sistem, Kategori Intervi Sistem

Koperasi  Belajar: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Koperasi Berbasis-Komputer  Belajar, Kolaboratif Online

Game: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Mengadaptasikan isi dari Intervi Game

Simulasi: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Simulasi dan Pelajaran Problem-Based, Simulator, Pemain peranan

Simulasi Game: Pengintegrasian, Simulasi Kerjasama Game, Instruksi yang diprogramkan, Keuntungan,  Pembatasan, Pengintegrasian

Mengajar privat Yang diprogramkan: Keuntungan,Pembatasan, Pengintegrasian

Komponen dan Karakteristik Intervi Sistem

Concepts:Instruction, Simulasi, Game

BAB III Model ASSURE

 

Ciptakan Pelajaran Pengalaman

Model Assure: Meneliti Pelajar, Karakteristik Umum, Masukan Spesifik Kemampuan, Gaya Pembelajaran

Menyatakan Sasaran hasil:

  • ABCDS Sasaran hasil dinyatakan dengan baik
  •  Penggolongan Sasaran hasil
  • Sasaran hasil dan Individu Perbedaan

Memilih Metoda, Media, dan Material: Memilih suatu Metoda,  Memilih suatu Media Format, Perolehan Material Spesifik, Pemilihan Material Tersedia, Memodifikasi Material, Perancangan Material Baru

Menggunakan dan Media Material: Adakan pra pertunjukan Material, Menyiapkan Material, Lingkungan, Pelajar,

Menyediakan Pelajaran Pengalaman

Memerlukan Keikutsertaan Pelajar

  •  Evaluasi dan Tinjauan kembali
  •  Penilaian Pelajar Prestasi
  •  Evaluasi dan Metoda Media
  •  Evaluasi Instruktur
  •  Revisi

Suatu Model untuk Membantu Pembelajaran ASSURE:

Analyze Learners; Meneliti Pelajar

State Objectives; Menyatakan Sasaran hasil

Select Methods, Media, and Materials; Memilih Metoda, Media, dan Material

Utilize Media and Materials; Menggunakan dan Media Material

Require Learner Participation; Memerlukan Keikutsertaan Pelajar

Evaluate and Revise; Evaluasi dan Peninjauan kembali

Ceklist sasaran

  • Audience   : Menetapkan pelajar
  •  Behavior   : Pencapaian belajar, Perilaku tampak, ketrampilan Real-World
  •  Conditions:  Peralatan, perkakas, bantuan, atau acuan yang mungkin digunakan, Kondisi-Kondisi lingkungan
  •  Degree     :  Negara Standard untuk pencapaian yang bisa diterima ( waktu, ketelitian, proporsi, mutu) Daerah hasil sasaran: Kognitif, Afektif, Motor Skill, Interpersonal

Memilih Metoda, Media, dan Material: Memilih suatu metoda, Memilih suatu format media, Perolehan material spesifik,  Pemilihan material tersedia,  Memodifikasi material tersedia, Perancangan material baru

Showmanship: Presentasi

  • Ketertarikan
  •  Penyerahan
  • Suara
  • Mata Kontak
  •  Isyarat
  •  Visual

Pemanfaatan Stepst: Menyediakan Pengalaman, Menyiapkan  Pelajar, Menyiapkan Lingkungan, Menyiapkan Material, Mengadakan pra pertunjukan Materiall

BAB IV Prinsip Visual

 

Peran Visuil di dalam Instruksi

Melek huruf Visual

Memecahkan kode: Penginterpretasian Visual

Menyandi: Menciptakan Visual

Gol dari Disain Visuil: Memastikan Sifat mudah dibaca,  Mengurangi Usaha, Meningkatkan Perikatan Aktip,   Memusatkan Perhatian, Proses dari Disain Visual, Unsur-Unsur, Pola teladan, Pengaturan

Perencanaan Peralatan Visual

Storyboard

Jenis Surat

Gambar, Sket, dan  Karton

Gambaran Digital

Kamera Digital

Penyaring gambar tv

Photo CDS

Perhatian Ketika Editing Gambaran

Keseimbangan

Disain Visuil: Keseluruhan Pola teladan, Kelurusan, Bentuk, Keseimbangan, Gaya, Mewarnai Rencana, Warna

Pengaturan: Dekatnya, Directional, Figure-Ground Kontras, Konsistensi

Unsur-Unsur Lisan: Penulisan Gaya, Penulis Ukuran huruf & Pengaturan jarak

Pendekatan: Kejutan, Tekstur, Interaksi

Storyboard Kartu

BAB V Komputer

 

 Peran Komputer didalam  Pembelajaran

Alat: Intervi Alat, Pengajaran Pemikiran Logis, Komputer di dalam Kelas, Keuntungan, Pembatasan

Integrasikan Komputer ke dalam Kurikulum: Konsep  Memproses, Drill-And-Practice, Pengajaran tambahan, Game, Simulasi, Penemuan, Pemecahan masalah, Informasi Peralatan, Grafik Peralatan

Sistem Pembelajaran Yang Terintegrasi: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian

Perangkat lunak Pemilihan: Kriteria Pemilihan, Komputer Perangkat keras, Komponen Basis dasar

Fasilitas Komputer: One-Computer Kelas, Multiple-Computer Kelas,  Komputer Laboratorium

Peran Komputer di dalam Pelajaran: Obyek Instruksi, Alat untuk Instruksi, Intervi Alat, Pengajaran Pemikiran Logis

Susunan Kelas Four-Computer

Susunan Kelas 12-Computer

Susunan Pembelajaran Kolaboratif

BAB VI Multimedia

Hypermedia: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian

Kenyataan Sebetulnya: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian

Sistem Ahli

Organisasi Hypermedia

BAB VII Pendidikan Jarak Jauh

 

Belajar Jarak Jauh; Pendidikan Dasar, Pendidikan Sekunder, Postsecondary Pendidikan, Pendidikan Informal.

Peran Belajar Jarak Jauh: Peran menyangkut Siswa,  Peran menyangkut Guru, Peran Teknologi.

Fungsi Intervi Komunikasi:  Menyiarkan Radio, Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Audio Teleconference: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Audiographicteleconference:  Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Televisi di dalam Jarak  Belajar: Video searah Video, Audio searah, Video Dua arah, Audio Dua arah.

Teknologi Online: Mengakses Sumber daya jauh, Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Suatu Intervi Hipotetis Sistem telekomunikasi

Menyiarkan Radio

Audio Teleconference

 

Distribusi Sistem Video One Way

Distribusi Sistem TV Kabel

Televisi, One Way  Video,Two-Way Audio

Televisi, Two-Way Video, Two Way Audio

BAB VIII Pembelajaran Online

Pembelajaran Elektronik: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian. Jaringan: Area Lokal Jaringan, Area Jaringan Lua, Jaringan Tanpa kawat, Internet, Dunia Web Lebar/Luas, Intranets.

Keuntungan Jaringan: Pembatasan Jaringan, Pengintegrasian Jaringan

Isu: Keamanan, Monitoring Siswa Penggunaan, Penggunaan Bisa diterima Kebijakan, Etiket

Menghubungkan kepada World Wide Web

Sampel  URL

Firewall:  Melindungi Intranet dari Para pemakai Eksternal tetapi Mengijinkan Intranet Para pemakai Akses kepada Internet

BAB IX Intervi Material dan Pajangan

Pemusatan Pembelajaran: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Intervi Modul,  Komponen Modul, Perancangan Modul.

Manipulatip: Benda nyata, Model,  Mock-Ups, Program komputer dan Manipulatip.

Hasil cetakan: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Pemanfaatan.

Bebaskan dan Material Murah: Keuntungan,Pembatasan, Sumber, Perolehan Material, Menilai Material.

Memajang Permukaan: Chalkboards dan Whiteboards, Papan Putih Elektronik, Buletin Papan, Kain Papan, Papan Magnetis, Flip Chart

Barang yang dipamerkan: Darmawisata, Pajangan, Diorama

Gunakan Model ASSURE dengan Intervi Material: Meneliti Pelajar, Menyatakan Sasaran hasil, Memilih Metoda, Media, dan Material, Menggunakan dan Media Material, Memerlukan Keikutsertaan Pelajar, Evaluasi dan Tinjauan  kembali

Showmanship:Manipulatives dan Model

ž  Biasakan diri  anda dengan mereka

ž  Presentasimu yang praktis

ž  Memperjelas ukuran dan warna

ž  Dorong keikutsertaan siswa

ž  Memajangkannya hanya ketika diperlukan

Showmanship:Chalkboards dan Papan Serbaguna

ž  Material yang diletakkan di depan kelas

ž  Organisir di depan

ž  Material sampai untuk siap  menggunakan

ž  Melihara kontak mata

ž  Teknik Penukaran presentasi

ž  Cetak dengan rapi

Showmanship:Chalkboards dan Papan Serbaguna

ž  Memeriksa jarak penglihatan

ž  Gunakan petunjuk untuk garis lurus

ž  Juru gambar atau Kapur yang dengan baik

ž  Penggunaan warna untuk penekanan

ž  Hindari menghalangi pandangan

ž  Penggunaan gambar menarik bantuan dan templates

ž  Uraikan secara singkat pekerjaan menggambar kompleks di depan

Memajang Placement

Peraturan dari pengalaman: Bariskan dengan pengukuran mata rata-rata dari  penonton yang diharapkan.

Showmanship:Flip Chartl

ž  Mengamankan Flip Chart

ž  Pembutan Penulis yang sederhana dan besar

ž  Penggunaan membandingkan warna

ž  Cetakan

ž  Berbicara dengan pendengar

ž  Hindari menghalangi pandangan

ž  Material yang diletakkan di dalam urutan

ž  Ungkapkan perlembar  ketika dibahas

ž  Gunakan ringkasan

BAB X Visual

 

Visual Nonprojected: Gaya Menggambar,  Pekerjaan menggambar, Tabel, Grafik,  Poster, Film karton.

Visuil Yang diproyeksikan

Pengintegrasian: Kamera Dokumen, Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Proyeksi Overhead: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian, Menciptakan Ketransparanan Overhead.

Slide: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian Guru – dan Siswa – Produced Slide.

Gambaran Digital: CD-ROM,  Memotret CD,  DVD-ROM,  Kamera Digital,  Penyaring gambar tv Digital  Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian.

Gambaran Digital Proyeksi: Keuntungan, Pembatasan Pengintegrasian.

Showmanship:Nonprojected

ž  Pemggunaan visuil besar

ž  Penggunaan material sederhana

ž  Material tidak relevan

ž  Visual yang  mantap

Pembatasan jumlah yang digunakan: Penggunaan satu demi satu,  Pertanyaan, Beri pengajaran bagaimana cara menginterpretasikan, Sediakan isyarat lisan

Showmanship: Overhead

ž  Mendapatkan perhatian

ž  Mengungkapkan bagian

ž  Membangun gagasan

ž  Membuat transisi

ž  Menunjuk gambaran

ž  Jadi spontan

ž  Penggunaan Catatan

ž  Menciptakan keseragaman

ž  Hindari mencorat-coret

Showmanship: Powerpoint

ž  Mengelapkan cahaya dekat layar

( tidak usah untuk menggelapkan ruang)

ž  Perkenalkan presentasi mu

ž  Distribusikan selebaran jika digunakan

ž  Jangan  membaca dari layar

( menggunakan pilihan cermin diatas komputer)

ž  Penggunaan lompatan yang sesuai

ž  Sering meringkas

Showmanship: Slide

ž  Penggunaan remot kontrol

ž  Pengecekan ganda pada slide

ž  Gunakan variasi visual

ž  Memelihara cahaya membaca

ž  Pergerakkannya

ž  Berlatih

ž  Hindari gambaran tidak relevan

ž  Penggunaan music dengan suasana hati

ž  Pembuatan yang memperlancar

BAB XI Audio

Audio Format:  Audiotapes, Compact Disk, MP3/WAVE Memfile Format Keuntungan, Pembatasa, Pengintegrasian

Halangan di dalam Pendengaran

Compact Disk

BAB XII Video

Format Video:  Video Tape, Video Digital,  DVD, Internet Video

Atribut Khusus Video: Manipulasi Waktu, Manipulasi Ruang, Animasi

Pemahaman Video Konvensi: Keuntungan, Pembatasan, Pengintegrasian

Pemilihan Video: Penempatan Material, Menilai Video, Video Yang disponsori

Memproduksi Video: Produksi Video Analog,  Mengedit Video Digital

TV  Merekam Susunan

Showmanship: Video dan Film

ž  Cek yang menerangi, tempat duduk, dan volume

ž  Tinjauan ulang berhubungan dengan isi dan peningkatan pertanyaan

ž  Daftar poin-poin utama untuk dicakup

ž  Tunjukan  kosa kata baru

ž  Dilibatkan di dalam program diri sendiri

ž  Sediakan kelanjutan aktivitas penuh arti

Bab XIII Trend dalam Teknologi dan Media

 

Kecenderungan di dalam Teknologi Dan Media

ž   Menggabungkan Format Media

ž   Melanjutkan Penggunaan dari Media Tradisional

ž   Penggunaan Komputer Pemeliharaan

ž   Pengembangan Pelajaran Elektronik

ž   Mengembangkan Pendidikan Jarak Jauh

ž  Memotong Koneksi Yang Wired

ž   Mempercepat Telekomunikasi dan Teknologi Interaktip

ž   Menggunakan Teknologi untuk Pemasukan

Media yang Umum Tahun 1950an

 

 

Pemusatan Media  Computer-Fostered di Tahun 1980an

 

Pemusatan Media Digitization-Fostered

 

Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar

 

 

 

Mata Kuliah

TIK Dalam Pendidikan

Oleh

NOORDYAH

NIM : 20112513062

Dosen pembimbing

Prof. Dr. Zulkardi, Mi. Komp.

Dr. Sardianto MS  M.si, M.Pd.

PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

TAHUN 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: